alat membuat kue

Alat Membuat Kue Paling Aneh yang Sering Digunakan

Ada banyak sekali kue di dunia ini. Dinikmati milyaran orang di dunia, kue sangat beragam bentuk dan rasanya. Mulai dari yang paling banyak adalah rasa yang manis, ada juga yang rasanya gurih, dan bahkan ada juga kue atau penganan yang rasanya agak asam, tetapi tetap banyak penggemarnya. Di Indonesia misalnya ada tape, tape ketan hijau, tape ketan hitam, dan lain-lain. Setiap orang memiliki selera rasa yang berbeda-beda dan ini menjadi keunikan sendiri di tiap daerah. Bentuk kue pun beragam, mulai dari bentuk yang standar sperti kotak ataupun bulat, sampai kue yang berbentuk kepang seperti kepangan rambut, ada juga yang berbentuk kerucut. Apalagi saat ini para penjual kue semakin kreatif dan ingin terus menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif. Mereka membuat cake dengan bentuk bermacam-macam, seperti bentuk kamera, bentuk bunga, bahkan sampai sepatu dan juga tas wanita yang cantik. Biasanya bentuk cake yang beragam ini untuk kue ulang tahun. Dan bentuknya disesuaikan dengan barang favorit yang sedang berulang tahun. Tapi, tahukah kamu, kalau alat membuat kue pun ada yang bentuknya aneh, lho. Apa saja ya kira-kira alat membuat kue yang aneh? Yuk, lihat beberapa di bawah ini. 

Alat Membuat Kue yang Aneh 

  1. Kuas

Karena kita sudah terbiasa melihatnya, mungkin sudah tidak aneh lagi. Tetapi jika diingat waktu masih kecil, melihat kuas di salah satu perlengkapan kue cukup aneh, bukan? Kuas biasanya digunakan untuk melukis, kuas dengan ukuran besar digunakan untuk mengecat dinding. Lalu untuk apa kuas dalam peralatan membuat kue? 

Kuas berguna untuk mengoleskan kuning atau putih telur di atas adonan atau loyang yang hendak dipanggang. Untuk beberapa kue yang sudah jadi, kuas juga bisa digunakan untuk mengoleskan hiasan (garnish) atau sirup di atasnya. 

  1. Rak Pendingin

Rak ini biasanya berbentuk persegi atau lingkaran dari besi yang dibentuk bergaris-garis atau kotak-kotak. Ada yang ukurannya kecil, ada juga yang besar. Kalau kamu melihat yang ukuran besar dan bertumpuk sampai 2 atau 3 lapisan, pasti cukup aneh juga. Karena bentuknya hampir mirip rak sepatu. Untuk apa rak seperti dalam membuat kue? 

Ternyata fungsinya adalah untuk tempat meletakkan kue yang baru diangkat dari oven dan masih sangat panas. Kue diletakkan di rak dan diangin-anginkan agar cepat dingin. Dengan begini, bentuk kue juga tidak akan rusak karena ditumpuk-tumpuk. Kue cepat dingin dan bentuknya pun sempurna! 

  1. Kertas Roti

Bagi yang pertama kali membuat roti atau kue, mungkin cukup aneh dengan alat yang satu ini. Untuk apa ada kertas di antara alat pembuat roti? Kertas roti yang biasanya berwarna putih dan tipis ini sangat berguna, lho. Fungsinya adalah agar kue tidak menempel pada loyang dan mudah diangkat setelah matang. Kertas roti juga bisa digunakan untuk menggulung bolu gulung dan juga mengemas kue sebelum dimasukkan ke dalam wadah. 

  1. Cetakan Kue Kering

Awalnya cetakan kue kering hanya berbentuk standar, seperti bulat, kotak, dan segitiga. Lalu kemudian mulai muncul cetakan kue dalam bentuk bulan sabit dan bunga dalam beberapa bentuk yang cantik dilihat. Namun, dengan seiring waktu mulai dibuat cetakan dengan beragam bentuk. Terutama bentuk yang lucu dan cocok untuk anak-anak,seperti bentuk binatang. Misalnya ikan, beruang, kepiting, kucing, dinosaurus, dan lain-lain. Lalu muncul lagi cetakan bentuk lain yang cukup aneh, seperti bentuk hidung babi, kelelawar dan bahkan tengkorak. Aneh, kan? Tapi banyak yang menyukai bentuk-bentuk kue yang aneh seperti itu dan malah membuat mereka ingin makan lagi dan lagi. Sepertinya ke depan pun akan muncul lagi kreasi cetakan kue lainnya yang inovatif. 

Nah, bagaimana denganmu? Alat pembuat kue apa yang paling aneh yang pernah kamu temukan?                                                                                                                                                                                          

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *