kue basah

Aneka Kue Basah Khas Jakarta yang Wajib Anda Coba

Meski kue modern kini mulai bermunculan, pesona dari kue basah tradisional tentu tidak akan ada habisnya. Kue basah sendiri tidak hanya enak namun juga menyehatkan. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki kue tradisional dengan ciri khasnya masing-masing, tidak terkecuali dengan Kota Jakarta. Berikut ini beberapa kue basah khas Kota Jakarta yang tidak boleh Anda lewatkan:

Cucur

Pada awalnya kemunculannya, kue yang satu ini memiliki nama “ngocor”. Namun, para pendatang membuat pengucapannya lebih halus hingga membuat kue satu ini disebut dengan “cucur”. Pada awalnya, kue cucur identik dengan warna cokelat yang begitu menggugah sekali. Kini, telah banyak cucur yang hadir dengan berbagai macam varian warna lainnya. Tekstur kue cucur ini terbilang cukup unik. Di mana bagian tengah kue memiliki tekstur yang tebal, dan bagian tepinya bertekstur cukup tipis. Perbedaan tekstur tersebut membuat kue ini begitu lezat. Kue cucur juga seringkali disediakan pada saat upacara adat hingga pesta pernikahan.

Rangi

Kue basah yang satu ini terbuat dari bahan dasar kelapa parut dan juga tepung beras. Proses pengolahannya menggunakan sebuah alat pemanggang berbentuk setengah lingkaran. Cita rasa kue satu ini begitu lezat berkat adanya gula merah kenyal yang dioleskan pada bagian atas kue rangi. Perpaduan rasa manis dan asin yang terdapat pada kue rangi tentu mampu memanjakan lidah Anda. Untuk mendapatkan cita rasa yang lebih sempurna, nikmati ke rangi saat masih hangat, ya.

Putu Mayang

Bentuk dari kue basah yang satu ini terbilang cukup unik. Di mana bentuknya menyerupai bunga dengan perpaduan warna-warni yang membuatnya begitu cantik. Meski dilengkapi dengan berbagai macam warna di dalamnya, pembuatan kue putu mayang sepenuhnya menggunakan bahan alami dan bukan pewarna buatan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir setiap akan mencicipi kue basah yang satu ini. Putu Mayang hadir dengan cita rasa manis berkat adanya gula merah. Pembuatan kue satu ini bisa menggunakan tepung beras atau tepung kanji yang nantinya akan dicampur dengan santan kelapa.

Talam

Kue basah yang atau ini terbuat dari bahan tepung beras, tepung terigu, dan juga tepung tapioka. Perpaduan berbagai macam tepung tersebut nantinya akan dicampur dengan gula merah serta santan. Uniknya, banyak orang yang membuat kue talam dengan mencampurkan bahan lainnya, seperti kenyang, durian, susu, hingga pisang. Banyaknya varian dari kue talam membuat kue basah satu ini semakin populer. Cita rasa dari kue satu ini juga tidak perlu Anda ragukan lagi.

Cente Manis

Kue khas tradisional dari Jakarta lainnya yang juga wajib Anda coba yakni Cente Manis. Kue sagu ini hadir dengan tekstur yang begitu lembut dan juga kenyal. Proses pembuatan kue cente manis juga terbilang sangat mudah. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah Anda. Kue cente manis ini terbuat dari bahan tepung hunkwe gula, bukit cente manis, mutiara, dan juga santan. Perpaduan bahan-bahan tersebut membuat kue satu ini terlihat begitu cantik dengan banyaknya butiran warna-warni.

Berbagai macam jenis kue basah yang telah disebutkan di atas tentu wajib Anda coba saat melakukan perjalanan bisnis atau wisata di Kota Jakarta. Meski merupakan kue tradisional khas Jakarta, kepopuleran berbagai kue basah tersebut juga membuatnya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai kota lainnya di Indonesia, lho. Sebagai penggemar kue basah, pastikan kue di atas pernah Anda coba, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *