bahan kue kering

Bahan Kue Kering yang Harus Ada di Adonanmu

Kue kering menjadi salah satu jenis camilan yang disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kue kering sendiri juga seringkali sebagai salah satu kudapan di Hari Raya. Dibandingkan dengan membeli kue jadi di pasaran, beberapa orang lebih memilih untuk membuat kue kering sendiri di rumah. Tidak hanya lebih murah, membuat kue kering di rumah juga tentu lebih menyehatkan. Di mana Anda dapat dengan baik mengatur kadar kebersihan dan kualitas bahan yang akan Anda gunakan. Agar pembuatan kue kering dapat lebih lezat, tentu Anda tidak boleh mempersiapkan bahan secara sembarangan. Untuk membuat kreasi kue kering Anda lebih lezat, berikut ini beberapa bahan yang wajib ada pada adonan kue kering yang Anda miliki:

Tepung Terigu

Tepung terigu menjadi salah satu bahan utama yang tidak boleh Anda lewatkan saat akan memasak sebuah kue kering. Tepung terigu sendiri kini telah tersedia dengan berbagai macam pilihan jenis. Memilih tepung terigu secara asal-asalan hanya akan membuat adonan kue tidak seperti yang diinginkan. Sebaiknya Anda memilih tepung terigu yang dilengkapi dengan kadar rendah protein di dalamnya. Untuk memberikan kesah renyah, sebaiknya Anda tidak lupa untuk juga menambahkan tepung maizena.

Telur

Bahan yang satu ini memiliki manfaat untuk membuat kue terlihat lebih mengkilap cantik. Banyaknya jumlah telur yang digunakan dapat disesuaikan dengan jenis kue yang akan Anda buat. Nastar menjadi salah satu jenis kue kering yang membutuhkan telur dengan jumlah yang lebih banyak. Bagi Anda yang ingin membuat kue dengan warna kuning yang lebih baik dan menonjol, sebaiknya Anda menggunakan telur ayam kampung sebagai bahan pelengkap adonan.

Gula

Selain dapat memberikan cita rasa yang cukup manis, gula juga berperan dalam membuat tekstur adonan Anda. Di mana kandungan yang terdapat di dalam gula dapat membuat kue kering lebih renyah. Penggunaan gula sendiri dapat Anda sesuaikan dengan jenis kue kering yang akan dimasak. Bagi Anda yang ingin mendapatkan tekstur renyah yang maksimal, penggunaan gula pasir dapat menjadi pilihan. Sedangkan penggunaan gula palem cocok bagi Anda yang membutuhkan tekstur kue yang cukup lumer.

Bahan Pengembang

Baking soda menjadi bahan utama yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Penggunaan baking soda sendiri dapat membuat adonan kue Anda menjadi lebih ngembang dengan sempurna. Tidak hanya itu saja, baking soda juga dapat memberikan efek warna lebih gelap pada adonan yang Anda miliki. Namun perlu diingat, penggunaan baking soda tidak boleh terlalu banyak karena dapat merubah rasa dari adonan kue Anda.

Mentega

Ingin mendapatkan tekstur kue yang lebih lembut? Anda bisa mendapatkannya dengan menambahkan mentega pada adonan kue yang dimiliki. Pastikan Anda memilih jenis mentega yang memang diperuntukkan untuk adonan kue. Saat akan menambahkan mentega pada adonan, sebaiknya Anda menghindari penggunaan mentega yang beku. Mentega beku hanya akan membuat tekstur kue Anda menjadi kering. Letakkan mentega beku pada suhu ruangan untuk membuatnya lebih hangat.

Setelah berbagai macam adonan tersebut telah Anda persiapkan dengan baik, kini saatnya Anda memutuskan jenis kue kering yang akan Anda dimasak. Resep dari kue kering sendiri juga dapat dengan mudah Anda temukan di internet. Bagi Anda yang baru pertama kali memasak kue kering, sebaiknya Anda memilih proses pembuatan kue kering yang lebih sederhana agar hasil yang didapatkan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *