daftar kue kering

Daftar Kue Kering yang Biasanya Ludes Sebelum Lebaran 

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran ada sangat banyak. Bertemu dengan keluarga yang biasanya agak sulit ditemui, menyantap berbagai hidangan yang hanya ada saat Lebaran. Seperti misalnya ketupat, opor ayam, sambel goreng ati, dan lain-lain. Selain itu, satu hal lagi yang ditunggu-tunggu adalah kue Lebaran. Kue Lebaran sebenarnya banyak yang bisa dibeli di lain kesempatan selain Lebaran. Tetapi banyak orang yang tidak melakukannya, karena ingin merasakan sensasi menunggu-nunggu momen makan kue Lebaran tiba. Jadi kue-kue ini hanya diman setahun sekali saja. Begitu mendekati Hari Raya Lebaran, kue-kue ini langsung menjadi rebutan dan bahkan bisa sulit dicari karena ludes dimana-mana, bahkan jauh-jauh hari sebelum hari H. Apa saja kue yang selalu ludes sebelum waktunya ini? Yuk, simak beberapa daftar kue kering di antaranya. 

Kue yang Selalu Ludes Sebelum Lebaran 

  1. Kastengel

Kue ini dipercaya dibuat di Indonesia oleh orang Belanda, karena itu penamaannya pun dengan bahasa Belanda, ‘kaas’ artinya keju dan ‘stengels’ berarti stik. Kue berbentuk kotak memanjang dengan bahan dasar keju ini bisa ditemukan di kedua negara ini, Indonesia dan Belanda. Rasa kejunya yang gurih menjadi favorit banyak orang. Semakin baik bahan yang digunakan, maka akan semakin enak rasanya dan tentunya semakin tinggi juga harganya.  

Kastengel berbentuk persegi panjang kecil, biasanya sebesar 1 x 3 cm, namun ada juga yang suka membuatnya dalam ukuran yang lebih lebih besar. Jenis keju yang biasa digunakan untuk kastengel adalah keju cheddar. 

  1. Kue Nastar

Kue yang satu ini juga diperkirakan dibuat oleh orang Belanda di jaman kolonial. Kata nastar berasal dari bahasa Belanda. Kata ‘ananas’ yang berarti nanas dan ‘taart’. Kue nastar terbuat dari campuran adonan tepung terigu, telur, dan mentega, lalu adonannya diisi dengan selai buah nanas. Bentuk kue kering ini bulat kecil-kecil dengan diameter sekitar 2 cm. Biasanya, di atasnya diberi hiasan potongan cengkeh, terkadang kismis. Namun kini banyak juga yang tidak meletakkan hiasan apapun di atasnya.  

Dengan berjalannya waktu, kue nastar kini ada yang diisi dengan selai stroberi ataupun blueberry. Dan ada juga yang adonannya ditambahkan dengan keju, agar semakin gurih dan enak. Kue ini pun dinamai dengan kue nastar keju.  

Biasanya juga sangat ditunggu-tunggu saat hari raya tiba. Bukan hanya Lebaran, tetapi juga saat perayaan Natal dan Imlek. Yang jelas, kue nastar original maupun nastar keju, keduanya sama-sama enak dan cepat ludes sebelum Lebaran tiba! 

  1. Kue Putri Salju

Kue primadona lain di saat Hari Raya Lebaran adalah putri salju. Bentuknya menyerupai bulan sabit dan seluruh permukaannya diselimuti gula halus, sehingga kue ini berwarna putih seperti salju. Kue putri salju bahan-bahannya adalah tepung maizena, tepung terigu, kuning telur, dan mentega. Adonan ini dicetak dengan cetakan berbentuk bulan sabit, lalu dipanggang dalam oven hingga matang. Kemudian setelah matang, diselimuti dengan gula halus. Kue ini juga sangat digemari karena rasanya yang gurih namun juga manis dari gula halusnya. Variasi lain dari kue putri salju adalah dengan menambahkan keju di dalam adonannya. Sehingga rasa kue ini lebih gurih dan enak bercampur dengan manisnya gula halus.  

Itu tadi daftar kue kering yang pasti ludes sebelum lebaran. Ada juga kacang tanah goreng dengan bumbu bawang putih yang selalu laris manis saat menjelang Lebaran. Yang manakah kue favoritmu? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *