bahan hias kue

Dekorasi Kue Anda dengan Menggunakan Bahan Hias Kue Ini

Ketika membicarakan tentang kue, tentu Anda langsung membayangkan sajian cake yang disajikan dengan aneka dekorasi yang sangat cantik. Berbeda dari jenis kue lainnya, kue cake memang disajikan untuk merayakan momen-momen tertentu. Contohnya seperti ulang tahun, perayaan pernikahan, hingga anniversary. Jadi tak heran jika Anda ingin kue tersebut memiliki penampilan yang cantik dan berbeda dari jenis cake pada umumnya. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya Anda bisa menghias kue Anda sendiri dengan menggunakan bahan hias kue?

Ya, untuk menghias kue cake yang Anda panggang agar terasa lebih spesial, tentunya Anda memerlukan bahan hias kue yang tepat. Tentunya untuk dapat menghias kue layaknya seorang profesional, Anda memang membutuhkan banyak latihan. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melatih kreativitas dan keterampilan menghias kue di rumah sendiri. Syarat utamanya adalah Anda perlu mengetahui bahan-bahan untuk menghias kue berikut ini.

1. Butter Cream

Butter cream atau yang dikenal dengan frosting adalah jenis bahan hias kue yang paling banyak digunakan. Krim frosting ini memiliki konsistensi yang creamy dengan citarasa manis dan dapat digunakan untuk menghias cupcake dan cake lainnya. Warna dari butter cream ini sendiri berwarna krem muda, namun Anda dapat mengubah warnanya dengan menambahkan sedikit beberapa pewarna makanan. Dengan demikian penampilan buttercream kreasi Anda pun akan terlihat lebih berwarna dan membuat kue menjadi terlihat semakin cantik. Anda dapat membeli buttercream instan yang dijual di toko-toko kue. Atau Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

2. Fondant

Jika Anda senang menonton acara pertunjukan masak dimana para koki berlomba untuk menghias kue menjadi berbagai macam bentuk, tentulah tidak asing dengan bahan hias kue satu ini. Fondant adalah salah satu bahan penghias kue berbentuk pasta gula yang dipipihkan dan memiliki bentuk yang elastis sehingga memudahkan Anda untuk membentuknya menjadi berbagai macam bentuk menarik. Fondant juga bisa digunakan sebagai pengganti buttercream untuk menghias kue. Cara menggunakan fondant pada kue ini adalah dengan menyelimutkan lapisan hiasan kue tersebut pada kue. Sama seperti buttercream, Anda juga membuat fondant sendiri di rumah.

3. Royal Icing

Jenis bahan hias kue lainnya yang populer dan banyak digunakan jika Anda membuat kue kering adalah royal icing. Royal icing biasanya digunakan untuk menghiasi kue kering yang dihidangkan saat perayaan Natal, Tahun Baru, atau bahkan Idul Fitri. Royal icing terbuat dari bahan gula icing dan putih telur. Tidak jarang Anda juga bisa menambahkan ekstrak lemon untuk menambah kesegaran. Untuk memberikan warna-warna tersendiri pada hidangan kue, Anda juga bisa menambahkan pewarna makanan secukupnya. Untuk menghias kue dengan menggunakan royal icing ini, Anda bisa menggunakan piping bag.

4. Buah

Variasi buah-buahan juga bisa Anda gunakan untuk menghias kue. Bahan hias kue ini tergolong sangat terjangkau dan dapat dengan mudah didapat. Buah-buahan yang paling banyak digunakan untuk dekorasi kue antara lain buah strawberry, blueberry, dan kiwi. Buah-buahan lainnya seperti apel dan jeruk juga banyak digunakan untuk menghias kue dan puding. Anda juga bisa menggunakan hiasan buah-buahan ini untuk menghias pie atau tart yang lezat. Hiasan buah-buahan ini umum digunakan sebagai dekorasi untuk melengkapi hiasan fondant maupun krim buttercream.

Demikianlah beberapa bahan hias kue yang paling umum dan perlu Anda ketahui. Tentunya sekarang Anda memiliki banyak ruang untuk bereksperimen dengan berbagai hiasan kue. Selamat berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *