Kopi Tuku

Resep Donat Kampung dari Kopi Tuku 

Menikmati kopi di pagi hari sudah menjadi salah satu tren sedari dulu. Nah, meminum kopi paling nikmat ditemani dengan cemilan yang mengenyangkan. Yups, donat kampung merupakan salah satu cemilan favorit di masyarakat yang paling mudah untuk ditemui. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri dengan sangat mudah, lho. Cara ini bisa kamu lakukan supaya nggak perlu boros untuk membelinya. Kamu juga bisa membuat donat sendiri supaya bisa makan sepuasnya bersama dengan keluarga. Dengan begitu, isi dompetmu nggak bakal menangis lagi. Tren minum kopi sambil menikmati donat kampung ini sudah banyak ditemukan di Kopi Tuku. Kamu juga bisa membuat donat kampung sendiri di rumah. Nah, buat kamu yang mau membuatnya, maka sudah ada resep donat kampung dari Kopi Tuku. Untuk itu, pastikan kamu juga menyiapkan berbagai bahannya. Nggak sulit, kok. Kamu bisa mendapatkan beraneka bahan ini di toko online maupun konvensional. 

Bahan yang dibutuhkan adalah : 

  • 250 gram tepung terigu (bisa protein sedang maupun tinggi) 
  • 2 sendok makan gula pasir 
  • 2 sendok makan susu bubuk 
  • ½ sendok makan ragi instan 
  • 1 gelas air hangat kuku 
  • 1 sendok makan margarin atau mentega 
  • Sejumput garam 

Setelah menyiapkan berbagai bahan di atas, kamu juga bisa menyediakan wadah untuk membuat adonan. Kamu bisa menjadikan baskom sebagai pilihan yang tepat. Setelah itu, mulailah untuk mempraktikkan resep donat kampung dari Kopi Tuku. Yuk, ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mulai membuat donat kampung Kopi Tuku! 

  1. Masukkan tepung terigu, ragi, gula pasir, dan mentega atau margarin. Setelah itu, aduklah sampai dengan rata. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan mixer. Kalau nggak punya mixer, kamu juga bisa melakukannya dengan tangan, asal sudah mencucinya sampai dengan bersih. 
  2. Sambil mencampur bahan-bahan di atas, tambahkan juga air hangat sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk menambahkan garam. Kemudian, uleni adonan ini sampai tercampur rata dan bisa dibentuk. 
  3. Diamkan adonan ini sekitar kurang lebih 10 menit. Kamu bisa menutupnya dengan memakai plastik wrap atau plastik biasa. 
  4. Setelah didiamkan sekitar 10 menit, pastikan adonan yang kamu buat sudah mengembang. 
  5. Bagilah adonan menjadi 10 bagian atau sesuai dengan keinginan. Kalau kamu ingin hasilnya rata, gunakan juga timbangan pada saat mengukur tiap bagian dari donat. Jadi, kamu pun nggak akan merasa kesulitan untuk membaginya. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat. 
  6. Biarkan lagi adonan ini selama 5 menit sampai mengembang. Setelah itu, lubangi bagian tengahnya. Kamu bisa melakukan hal ini dengan memakai jari atau sumpit. Kalau mau lebih rapi, bisa juga lho kamu mengandalkan cetakan. 
  7. Panaskan minyak goreng hingga mendidih. Goreng dengan api sedang sampai warnanya kekuningan. 
  8. Setelah donat matang, angkat dan tiriskan. Supaya kesan donat kampung ini lebih nikmat, kamu bisa melumurinya dengan gula halus. Akan tetapi, tunggu donatnya hingga dingin dulu kalau mau diberi gula halus. Dengan begitu, gula halusnya nggak akan menyerap ke permukaan donat. Kamu juga bisa memberi topping lain seperti mentega dan meses. 

Gimana, nggak sulit kan untuk membuat donat kampung Kopi Tuku? Nah, kamu bisa mempraktikkan resep donat kampung dari Kopi Tuku ini di rumah. Pastikan juga untuk melakukan setiap langkahnya dengan tepat. Dengan begitu, praktik membuat donat kampung ini pun akan berhasil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *