Hoka Hoka Bento

Sejarah dari Japanese Fast Food, Hoka Hoka Bento

Kamu suka menikmati kelezatan makanan Jepang? Nah, sejak dulu sampai dengan sekarang ada banyak sekali orang yang mengenal Hoka Hoka Bento atau Hokben. Cita rasa makanan khas Jepang yang disajikan di resto ini nggak perlu diragukan. Kamu juga nggak perlu berat di transport untuk membeli menu masakan Jepang langsung di negaranya. Cukup menikmati menu dari Hokben, maka masakan khas Jepang yang endes bisa kamu nikmati. Buat kamu yang suka dengan Hokben, ternyata ada informasi penting, lho. Kamu kini sudah bisa mengetahui sejarah dari Hokben. Ada baiknya kamu mengetahui sejarahnya, sebab ternyata juga ada sejumlah fakta di balik berdirinya Hoka Hoka Bento. Yuk, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya!

  • Ternyata Hoka Hoka Bento bukan berasal dari Jepang

Kehadiran Hoka Hoka Bento pertama kali adalah pada tanggal 18 April 1985. Resto ini didirikan di wilayah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Ternyata Hokben berada di bawah naungan PT. Eka Bogainti. Perusahaan ini didirikan oleh seorang pria bernama Hendra Arifin yang mengusung konsep makanan bergaya Jepang yang higienis, variatif, dan cepat dari segi penyajiannya.

  • Hoka Hoka Bento menjadi Japanese Fast Food paling besar di Indonesia

Hokben menyajikan makanan dengan harga terjangkau. Suasana restonya pun nyaman. Maka, kedua hal tersebut menjadikannya sebagai restoran yang mengusung konsep Japanese Fast Food paling besar di Indonesia. Pemiliknya mengembangkan resto cepat saji a la Jepang ini pada tahun 1985 sebab konsep ini masih belum ada di Indonesia. Hendra sudah melakukan studi banding ke Negeri Sakura, lalu membeli izin untuk memakai merek serta asistensi Hoka Hoka Bento di negara ini.

  • Ternyata konsep Hoka Hoka Bento di Indonesia berbeda dengan Jepang

Di Jepang, ternyata bento merupakan makanan take away atau pesan ambil untuk dibawa pulang. Akan tetapi, di Indonesia ternyata makanan ini bisa dimakan di tempat juga, lho. PT. Eka Bogainti mempunyai hak cipta penuh dari merek Hoka Hoka Bento. Sayangnya, di Jepang usaha dengan merek serupa sudah tidak ada lagi. Meskipun memang menawarkan masakan Jepang, kepemilikan merek ini sekarang sudah 100% dimiliki oleh warga negara Indonesia.

  • Pendirian resto sejak tahun 1990 hingga kini

Pada tahun 1990, Hoka Hoka Bento pertama kali membuka restonya di Bandung. Sampai sekarang ada banyak sekali gerai yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Setelah Bandung, di Surabaya Hokben membuka gerainya pada tahun 2005. Kemudian, di Malang gerai Hokben didirikan pertama kali tahun 2008. Di tahun 2010, ekspansi usaha ini menyebar ke Jawa Tengah, Bali, dan Jogja. Hingga kini, jumlah gerainya sudah tidak terhitung lagi dan sudah tersebar di seluruh Indonesia.

  • Perkembangan layanan call center dan pemesanan online

Setelah memiliki banyak gerai, pada tahun 2007, Hoka Hoka Bento memiliki jaringan call center. Bukan cuma itu, di tahun 2008 resto ini juga sudah mempunyai layanan pemesanan online yang berkembang hingga kini. Layanan drive thru pun sudah tersedia di berbagai gerai, sehingga cocok untuk para pembelinya yang ingin membawa pulang pesanan mereka.

Nah, sudah mengenal sejarah dari Hoka Hoka Bento, kan? So, kamu juga sudah mengetahui berbagai fakta menariknya. Dengan begitu pengetahuanmu tentang resto ini pun sudah bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *