tepung terigu berkualitas

Tepung Terigu Berkualitas untuk Membuat Kue Kering 

Seperti yang kita tahu, tepung adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat berbagai aneka kue. Karena itu, sebelum membuat kue kita harus memilih tepung dengan baik. Mungkin kelihatannya sepele, padahal tepung yang baik dan tepat akan menentukan juga akan berhasil atau tidaknya kue yang dibuat. Untuk membuat kue kering, biasanya digunakan tepung terigu. Tepung terigu terbuat dari biji gandum. Terigu terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu terigu dengan protein tinggi, sedang dan rendah. Tepung terigu dengan protein tinggi mengandung gluten yang paling banyak. Untuk membuat kue kering, sebaiknya gunakan tepung terigu berprotein sedang, ya. Karena jenis tepung itu ada cukup banyak, tak jarang terjadi orang banyak yang salah memilih tepung. Lalu bagaimana cara memilih tepung terigu berkualitas? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, yuk. 

Tips Memilih Tepung yang Baik 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih tepung, yaitu: 

  1. Jika kamu beli tepung kiloan di pasar, jangan lupa perhatikan dulu warna tepung. Warna tepung yang baik haruslah putih dan bersih.
  2. Ambil sedikit tepungnya, lalu cium aromanya. Tepung yang baik seharusnya tidak berbau dan tidak apek.
  3. Rasakan teksturnya saat dipegang. Tepung yang baik seharusnya tidak kering.
  4. Jika kamu membeli tepung dalam kemasan, perhatikan kemasannya. Terkadang ada kemasan yang berlubang dan bocor. Jika ada lubang sedikit saja, maka itu akan memungkinkan tepung sudah tidak segar karena apapun bisa masuk ke dalam kemasan. Pilih yang kemasannya masih dalam keadaan baik, ya.
  5. Kenali jenis tepung yang akan kamu gunakan. Karena jenis tepung ada banyak, misalnya saja tepung ketan, tepung beras, tepung sagu gandum, dan lain-lain. Sepintas, tepung akan terlihat sama, padahal sebenarnya masing-masing tepung memiliki ciri yang berbeda. Karena kamu ingin membuat kue kering, pastikan kamu memilih tepung terigu, ya.
  6. Untuk membuat kue kering, pilihlah tepung terigu yang memiliki protein rendah.
  7. Pilihlah tepung terigu yang tidak melewati proses pewarnaan, atau disebut unbleached. Tepung unbleached lebih sehat dan bebas zat kimia. Jadi aman dikonsumsi Anda dan keluarga.
  8. Setelah dibeli, sebaiknya ayak dulu tepung terigu sebelum kamu gunakan untuk membuat kue. Mengayak tepung penting agar semua kotoran pada tepung tidak ikut terbawa saat dimasak nantinya. Ini juga untuk memisahkan tepung yang berkutu dan belum apek. 
  9. Untuk mendapatkan tepung yang tetap lembab, kamu bisa jemur tepung di bawah panas sinar matahari. Jika takut hujan atau kotor, kamu juga bisa menggunakan oven dengan suhu kecil.
  10. Setelah menggunakan tepung dan masih ada sisa, jangan lupa untuk menutup kantong tepung. Atau jika kamu terbiasa meletakkan tepung ke dalam wadah, tutup wadahnya dan simpan dengan baik.
  11. Agar tepung terigu untuk kuekeringtidak bau dan tahan lama, kamu juga bisa menyimpan tepung di dalam kulkas. Ini dilakukan untuk menghindari kotoran masuk. 

Lalu apa saja manfaat tepung terigu yang baik? Yuk, simak sama-sama. 

Manfaat Tepung Terigu Berdasarkan Jenisnya 

  1. Tepung Terigu Protein Rendah

Kadar gluten di dalam tepung ini adalah 11%. Tepung terigu berprotein rendah sangat sesuai untuk membuat kue yang renyah. Misalnya saja seperti kue kering, biskuit, kukis, sponge cake, lalis Surabaya, lapis legit, chiffon cake, black forest, Swiss roll, dan lain-lain. 

  1. Tepung Terigu Protein Sedang

Kadar gluten dalam tepung berprotein rendah adalah sekitar 11 sampai 12%. Tepung jenis ini sesuai untuk membuat makanan dengan tekstur lembut dan cukup mengembang. Misalnya saja untuk membuat cake, brownies, waffle, martabak manis, bolu gulung, dan lain-lain. 

  1. Tepung Terigu Protein Tinggi

Kadar gluten paling tinggi dalam tepung ini, yaitu sekitar 13-14%. Sangat cocok untuk makanan yang memiliki volume dan harus mengembang dengan baik. Contohnya seperti donat, roti tawar, kue sus, dan juga untuk membuat mie. 

Jadi, untuk membuat kue kering, jangan lupa pilih tepung terigu dengan kadar protein rendah, ya. Dan jangan lupa pilih tepung terigu berkualitas baik dengan langkah-langkah di atas. Selamat membuat kue. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *