bahan roti

Sajikan Kue Terbaik dengan Tips Memilih Bahan Roti Terbaik Ini

Di awal tahun 2020 ini Anda sudah disambut dengan bulan Ramadhan yang tinggal menghitung minggu saja. Tentunya hal ini membuat para pengusaha home bakery mulai ambil ancang-ancang untuk memborong berbagai macam bahan – bahan untuk membuat roti, karena bisa dipastikan akan ada banyak sekali orang yang menghubungi Anda untuk memesan roti. Dalam membuat roti yang enak, tentunya tidak hanya bergantung pada keterampilan Anda dalam menakar semua bahan, mencampur dan menguleni adonan, hingga teknik memanggang. Hal yang sebenarnya paling penting adalah kualitas dari bahan roti itu sendiri. Bila produk bahan-bahan yang Anda gunakan memiliki kualitas terbaik, hal tersebut akan nampak pada hasil roti yang Anda panggang. Jika Anda adalah seorang pemula dan ingin memulai merintis bisnis bakery, berikut adalah tips menemukan bahan-bahan untuk membuat roti agar menghasilkan produk yang terbaik.

1. Tips Memilih Tepung Untuk Membuat Roti

Tepung tentulah menjadi bahan membuat roti yang tidak terpisahkan. Bisa dibilang tepung merupakan salah satu bahan pokok yang wajib ada jika Anda ingin membuat roti. Bahan tepung sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu tepung berprotein rendah dan tepung protein tinggi. Tepung dengan kadar protein rendah biasanya digunakan untuk membuat cake dan kue-kue tradisional. Sedangkan jenis tepung berprotein tinggi adalah jenis yang paling banyak digunakan untuk membuat aneka macam roti dan pastry. Masing – masing jenis tepung tentunya memiliki warna dan aroma yang sedikit berbeda antara satu dengan yang lain. Namun yang pasti, aroma tepung tersebut harus segar dan tidak apek. Selain itu, teksturnya pun harus lembut dan powdery dan tidak menggumpal.

2. Tips Memilih Telur Untuk Membuat Roti

Jenis bahan untuk membuat roti lainnya yang tentu akan Anda gunakan dalam membuat berbagai macam roti adalah telur. Sama seperti tepung, Anda juga perlu memastikan bahwa produk telur yang digunakan segar dan berkualitas. Mayoritas resep roti tentunya menggunakan telur ayam. Berbeda dari tepung dan bahan roti lainnya, Anda memerlukan teknik khusus untuk mengetahui tingkat kualitas dari telur yang akan digunakan. Salah satu caranya adalah dengan menenggelamkan telur tersebut ke dalam gelas berwarna air. Jika telur tersebut tenggelam ke dasar gelas, maka telur tersebut masih baru dan dapat digunakan. Sedangkan jika telur mengambang, maka kualitas dari telur tersebut sudah jelek dan tidak layak untuk digunakan.

3. Tips Memilih Gula Untuk Membuat Roti

Kue dengan cita rasa manis tentulah ditentukan dari kualitas gula yang Anda gunakan. Jenis gula yang digunakan untuk membuat kue pun tentu beragam macamnya, mulai dari gula pasir, gula halus, hingga gula palm. Masing-masing jenis gula tersebut tentu digunakan untuk membuat jenis roti yang berbeda. Tak jarang Anda akan menggabungkan 2 jenis gula tersebut dalam membuat 1 roti, misalnya donat yang ditaburi dengan gula halus, dan sebagainya. Dalam hal memilih gula, Anda dapat melihat kualitas gula tersebut dari teksturnya. Tekstur gula yang bagus tentu tidak menggumpal dan cenderung kasar atau bersifat seperti bubuk. Untuk jenis gula pasir, pilihlah gula yang memiliki bulir-bulir berwarna cenderung kuning. Hal ini dikarenakan untuk menghindari Anda menggunakan gula pasir dengan zat pemutih di dalamnya. Jangan lupa untuk menyimpan gula pasir dengan rapat sehingga tidak diserang oleh koloni semut.

Demikianlah tips memilih bahan membuat roti yang baik. Tentunya semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan membantu dalam menemukan produk roti yang berkualitas. Selamat memanggang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *