baking soda

Yuk, Kenali Dulu Apa Itu Baking Soda Untuk Membuat Kue!

Kalau berbicara tentang bahan dapur, pasti kamu bakal menemukan banyak sekali pilihan yang tersedia. Hal yang satu ini wajar banget, mengingat untuk memasak menu tertentu atau membuat kue pastinya akan dibutuhkan berbagai pilihan bahan. Untuk itu, nggak heran jika kamu bisa menemukan keberadaan baking soda. Yups, biasanya bahan dapur yang satu ini sering digunakan untuk membuat kue.

Bahkan ada juga sejumlah orang yang menggunakan baking soda untuk membuat campuran crispy pada beberapa menu makanan. Kehadiran bahan ini juga mudah ditemukan, terutama untuk orang yang suka membuat kue.

Lalu, apa itu baking soda? Pertanyaan yang satu ini bisa dijawab dengan mudah banget. Mudahnya, baking soda merupakan nama lain dari natrium bikarbonat, sodium bikarbonat, atau juga bisa dikenal dengan nama soda bikarbonat. Bahan ini adalah batu yang dihancurkan. Kalau dilihat dari segi ilmiah, produk ini merupakan senyawa kimia yang rumusnya adalah NaHCO3.

Maka dari itu, nggak heran bila mungkin kamu pernah menemukan nama kimia untuk bahan dapur ini ketika mengikuti mata pelajaran tersebut. Nah, nggak cuma mengetahui pengertiannya, ternyata ada berbagai hal penting tentang serba-serbi baking soda yang bisa kamu ketahui, lho! Lalu, apa sajakah itu? Yuk, simak saja ulasan di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya!

1. Dari mana asal baking soda?

Sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya, dari mana sih sebetulnya baking soda berasal? Yups, produk dapur ini berasal dari salah 1 dari 2 buah mineral nggak berwarna atau putih. Keduanya bisa diolah menjadi apa saja yang dikenal dengan soda kue. Sebagian kecil pasokan bahan dapur ini di dunia asalnya dari mineral alami yang disebut juga nahcolite.

Mineral alami ini sebagian besar ditemukan dalam jumlah banyak pada Searles Lake, California serta deposit minyak serpih dari Colorado, tepatnya Green River. Akan tetapi, sekitar 90 persen sisa dari bahan dapur ini di bumi berasal dari sebuah bijih mineral alami yang namanya ialah trona. Nah, trona adalah mineral putih, abu-abu, atau bisa juga kekuningan.

Mineral ini sebagian besar ditambang pada Wyoming oleh Church and Dwight Company yang merupakan pembuat Arm and Hammer Baking Soda.

2. Bagaimana proses mengolah mineral menjadi baking soda?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahan yang satu ini ternyata dibuat dari mineral yang salah satunya bernama trona. Untuk mengubah trona menjadi baking soda, pastinya ada proses yang dilakukan. Pertama-tama, trona harus diekstraksi dari bumi. Setelah itu disempurnakan pada proses pemurnian yang juga melibatkan penghancuran bijih mineral ini. Lalu dipanaskan sehingga gas yang nggak diinginkan bisa diusir.

Akhirnya, olahan ini pun menghasilkan sodium karbonat atau abu soda. Setelahnya, zat ini pun diproses lebih lanjut dengan metode karbonasi multi step, kemudian sentrifugal, pengering, dan sejumlah bahan kimia pun diberikan untuk membuatnya menjadi soda kue. Setelah itu, soda kue pun siap dikemas dan dipasarkan untuk digunakan oleh siapa saja.

Nah, itu dia berbagai serba-serbi tentang baking soda. Kamu juga sudah memahami kan apa itu baking soda? So, kamu nggak perlu bingung lagi untuk mengetahui pengertian dan proses pembuatan bahan dapur ini. Dengan begitu kamu pun bisa mendapatkan informasi yang lebih oke setelah memahami penjelasan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *